HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw
Mungkinkah Generasi Milenial Punya Apartemen?

Iklan Billboard 970x250

Mungkinkah Generasi Milenial Punya Apartemen?

Katanya, milenial akan sulit memiliki tempat tinggal sendiri. Hal ini dikarenakan gaya hidup mereka yang lebih suka nongkrong dan ngopi sana sini. Banyak di antara mereka yang lebih memilih menghabiskan uang gajiannya untuk nonton konser atau bertamasya daripada untuk membeli properti. 


Memiliki Apartemen di Usia Muda 

Nyatanya, tidak ada yang mustahil bagi kaum milenial ini. Semangat dan kemauan keras mereka membuat apapun menjadi mungkin. Termasuk juga memiliki hunian berupa apartemen. Kalau kamu seorang milenial dan punya keinginan memiliki apartemen di lokasi strategis, jangan tunggu nanti. Mulai dari sekarang dengan menerapkan tips-tips berikut ini. 
Menabung untuk uang muka 

Tips yang pertama tentu saja adalah menabung. Apalagi jika uangmu belum cukup digunakan untuk membayar uang muka pembelian apartemen yang kamu inginkan. Setidaknya, kamu membutuhkan uang muka sebesar 30% dari harga total apartemen yang ingin kamu beli. 

Agar kamu bisa menabung dengan konsisten, sebaiknya kamu melakukannya dengan cara autodebet. Sebelumnya, kamu harus punya dua rekening tabungan terlebih dahulu. Yang satu khusus untuk keperluan menabung, yang satunya lagi untuk terima gaji. Begitu kamu menerima gaji, langsung ditransfer setidaknya 20% dari gaji kamu ke rekening yang khusus untuk menabung. 

Konsep menabung dengan menyisihkan di akhir bulan setelah pemakaian seringkali hanya menjadi wacana. Daripada gajimu dihabiskan untuk nongkrong atau belanja barang-barang yang tidak terlalu kamu butuhkan, kamu sebaiknya menggunakan konsep menabung di awal. Berapapun sisa gaji bulan kemarin, kamu tidak perlu merasa bersalah karena sudah menyisihkannya untuk ditabung. 

Gunakan fasilitas Kredit yang ada 

Jika perusahaan tempat kamu bekerja menawarkan fasilitas kredit kepemilikan apartemen, kamu bisa menggunakan fasilitas tersebut. Biasanya, perusahaan akan memberikan subsidi bunga KPR sehingga cicilan kamu akan semakin ringan. 

Apabila perusahaan tidak menawarkan fasilitas demikian, kamu bisa mencari-cari sendiri kredit pemilikan apartemen yang ada. Ada dua jenis yang bisa kamu pilih, yaitu Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) dan kredit in house. KPA biasanya disediakan oleh bank. Sedangkan kredit in house, angsurannya dibayarkan langsung kepada developer. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Ambil KPR dengan masa tenor paling panjang 

Ketika kamu ingin membeli properti dengan sistem kredit, pilihlah tenor dengan jangka waktu yang paling panjang. Semakin panjang tenor yang kamu ambil, semakin ringan pula cicilan per bulan yang harus dibayarkan. Hal ini akan semakin memudahkan kamu karena kebutuhan yang lainnya tidak akan terganggu akibat kamu mengambil kredit kepemilikan apartemen. 

Jangka waktu atau tenor kredit paling panjang yang bisa diberikan oleh bank adalah selama 25 tahun. Kamu sebagai millenial dengan umur di bawah 30 tahun, bisa mengambil masa tenor tersebut. 

Meskipun ada resiko beban bunga yang semakin besar, kamu tidak perlu khawatir karena peningkatan nilai aset akan lebih besar dibanding beban bunga yang harus kamu bayarkan. Terlebih, jika kamu memiliki apartemen di lokasi yang strategis. 

Disiplin membayar angsuran 

Berkomitmenlah kepada diri sendiri bahwa kamu akan disiplin dalam membayar angsuran kepemilikan apartemen. Apalagi jika kamu memilih tenor yang paling lama. Rasa bosan adalah sebuah keniscayaan. Oleh karena itu, lebih baik kamu melakukan autodebet untuk membayar angsuran. Selain menghindari lupa membayar angsuran, juga agar uangnya tidak digunakan untuk keperluan yang lain. 

Nah, itulah empat tips yang bisa kamu aplikasikan jika ingin memiliki apartemen. Rajin dan disiplin adalah kunci. Tanpa keduanya, memiliki properti di lokasi strategis hanya akan menjadi angan-angan tak berkesudahan. Sebanyak apapun gaji yang kamu miliki, jika tidak dibarengi niat dan kemauan, kamu tidak akan bisa memiliki apartemen yang kamu impikan.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar