HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw
Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Perbedaan SPF dan Filter UV

Iklan Billboard 970x250

Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Perbedaan SPF dan Filter UV


Paparan langsung sinar matahari bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit, mulai dari kulit terbakar hingga yang paling parah adalah kanker kulit. Untuk itu, kulit harus dilindungi menggunakan produk yang memiliki kandungan SPF dan UV filter. Namun sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, apakah Anda tahu perbedaan SPF dan Filter UV?

Kedua istilah tersebut sering kita dengar karena sering ditemukan di produk-produk yang mengandung tabir surya. Tapi sebenarnya, apa itu SPF? Apa itu UV Filter? Apa perbedaan kedua istilah ini?

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. SPF berfungsi untuk melindungi bagian kulit dari paparan sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu tertentu. Ketika Anda berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, SPF inilah yang akan bertugas menjaga kulit Anda agar tidak terbakar akibat paparan tersebut.

Sedangkan UV filter digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV dari matahari. Indeks sinar UV harian menunjukkan tingkat radiasi dari sinar UV pada waktu tertentu dengan menggunakan skala 1-10. Jika terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa perlindungan sama sekali, potensi kulit rusak akan semakin besar.

Lalu apa perbedaan SPF dan Filter UV? Secara lebih mudah, SPF melindungi kulit Anda agar tidak terbakar akibat paparan sinar matahari secara langsung sedangkan UV Filter berguna untuk melindungi kulit Anda dari radiasi sinar UV.

Hal-Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Tabir Surya

Sekarang Anda sudah sedikit paham mengenai perbedaan antara SPF dan UV Filter. Selain mengetahui hal ini, Anda juga perlu tahu hal-hal lainnya mengenai tabir surya. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Perbedaan UVA dan UVB

Sinar UV dibagi menjadi dua tipe, yaitu UVA dan UVB. UVA menyebabkan penuaan sedangkan UVB menyebabkan kulit terbakar. Mayoritas tabir surya hanya melindungi kulit dari sinar UVB. Padahal, Anda membutuhkan produk yang bisa melindungi kulit Anda dari dua jenis sinar UV ini. Pilihlah produk dengan keterangan ‘broad spectrum’. Produk tabir surya ini mampu melindungi kulit Anda dari UVA maupun UVB.

2. Perbedaan Sunscreen dan sunblock

Sunscreen memiliki tekstur yang lebih cair seperti lotion pada umumnya. Bertugas untuk melindungi kulit dari sinar matahari dengan cara menyerap radiasi sinar UV. Sunblock memiliki tekstur yang lebih kental sehingga ketika digunakan akan bisa terlihat. Cara kerja sunblock adalah dengan menjadi dinding penghalang dan memantulkan sinar matahari dari kulit.

3. Kode pada SPF

Selain mengetahui perbedaan SPF dan Filter UV, Anda juga perlu tahu arti kode yang ada pada SPF. Ada SPF 30, ada juga SPF 50. Lalu, apa perbedaannya?

Perbedaannya adalah waktu perlindungan yang diberikan oleh tabir surya tersebut. Semakin tinggi angka SPF, semakin lama pula perlindungan yang diberikannya. Namun ini tidak mempengaruhi kekuatan perlindungan yang diberikan karena berapapun angka SPF, perlindungan yang diberikan sama.

4. Re-apply tabir surya

Jika Anda menggunakan produk tabir surya dengan nilai SPF yang kecil, Anda perlu rajin-rajin mengaplikasikannya kembali. Jika Anda tidak melakukannya, tabir surya yang sudah Anda aplikasikan sejak pagi tidak mampu memberikan perlindungan untuk kulit di sore hari.

Nah, itulah pembahasan mengenai hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang tabir surya, termasuk juga perbedaan SPF dan Filter UV. Jangan lupa selalu gunakan tabir surya meskipun Anda tidak keluar rumah. Selalu ingat untuk re-apply tabir surya untuk perlindungan yang maksimal.

Baca Juga
SHARE
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar