Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop

Mencari cara mengatasi HP Xiaomi bootloop? Tenang dulu dan jangan panik sebab bootloop belum berarti adalah ahir dari smartphone kesayangan Anda. Meskipun dalam beberapa situasi bisa diartikan Anda akan kehilangan data, setidaknya Anda tidak harus merelakan smartphone kesayangan Anda menganggur di dalam laci.

Perlu Anda ketahui bahwa kondisi bootloop bisa saja terjadi pada semua android, tak terkecuali buatan Xiaomi. Bootloop sendiri bisa diartikan bahwa android tidak bisa menyelesaikan mekanisme penyalaan sistem secara normal. Penyebabnya kondisi android yang hanya bisa menampilkan logo lalu mati dan terus berulang seperti ini pun beragam. Bisa dikarenakan software atau data sistem yang terhapus sampai kerusakan pada hardware tertentu.

Untuk mencoba mengatasi kondisi bootloop pada smartphone Xiaomi, ada prosedur yang setidaknya bisa Anda coba sendiri sebelum menyerahkannya kepada service resmi, teknisi atau bahkan menyimpannya dalam laci. Melakukan beberapa cara berikut ini, Anda harus siap dengan risiko kehilangan data. Terkecuali jika Anda mengaktifkan fitur backup pada ponsel sebelumnya.

Hp Xiaomi Mentok Di Logo

Sebagai pengguna xiaomi yang sudah lama tentu akan menghadapi berbagai permasalahan saat memakainya, dari mulai lag, hang hingga hp xiaomi mentok dilogo atau yang sering kita sebut Bootloop. Adanya kejadian ini tentu akan membuat anda kesal bukan, dan ingin segera memperbaikinya.

Nah untuk anda yang mengalami hal tersebut sebaiknya anda jangan langsung dibawa ke konter hp, sebaiknya anda coba perbaiki sendiri mengikuti tutorial kami. Jika masih gagal, baru anda coba bawa ke konter servis untuk memperbaiki xiaomi anda.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop

Factory Reset Tanpa Flash

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah melakukan pengaturan ulang perangkat ke kondisi pabrik atau istilahnya factory reset. Dalam kondisi yang bootloop tersebut,

  • Silakan Anda tekan tahan kombinasi tombol volume atas (+) dan tombol power.
  • Tindakan ini akan membawa Anda ke mode Mi Recovery.
  • Untuk model tertentu, Anda perlu memilih English apabila ada menu pengaturan bahasa.
  • Selanjutnya pilih opsi Wipe & Reset lalu pilih Wipe All Data.

Flashing Xiaomi via PC tanpa Menghapus Data atau Menghilangkan Data

Apabila cara pertama ini tidak mampu menyalakan ponsel Xiaomi ke kondisi bawaan pabrik, kemungkinan ada data sistem yang rusak atau terhapus. Oleh karena itu, diperlukan penulisan ulang data sistem dari luar, dalam hal ini melalui bantuan komputer atau istilahnya melakukan flashing. Pastikan Anda memiliki komputer atau laptop, kabel USB dalam kondisi yang baik dan berfungsi, baterai ponsel yang cukup. Selanjutnya Anda bisa mendownload software flashing khusus Xiaomi berikut driver dan ROM sesuai tipe ponsel Xiaomi Anda.

Baca juga :

Apabila kedua cara mengatasi HP Xiaomi bootloop di atas masih belum bisa membuat ponsel Anda menyala, langkah terakhir adalah membawanya ke pusat perbaikan resmi atau teknisi untuk memeriksa hardware. Kemungkinan ada komponen seperti eMMC yang bermasalah agar mendapat penanganan yang tepat mencegah kerusakan bertambah parah. Selamat mencoba.

Leave a Comment