Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Menelan Sperma Laki-laki untuk Kecantikan Kulit Wajah


Fabula - Manfaat menelan sperma laki-laki untuk kecantikan wajah telah diklaim bisa mengobati jerawat sampai mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Tapi, apakah benar ada manfaat sperma laki-laki untuk kecantikan? Atau hal ini hanya sebuah mitos belaka?

Sebagian orang mungkin pernah mendengar rumor tentang manfaat sperma laki-laki untuk kulit wajah. Manfaat menelan sperma untuk kecantikan ini telah diklaim bisa menyehatkan kulit wajah, mampu menghilangkan jerawat, dan bisa dijadikan sebagai masker wajah. Sekilas, hal tersebut mungkin terdengar aneh, namun apakah benar manfaat menelan sperma untuk kulit wajah tersebut?

Kandungan yang Ada Pada Sperma Pria

Manfaat Menelan Sperma Laki-laki untuk Kecantikan Kulit Wajah


Sebelum membahas lebih lanjut tentang fakta manfaat dari menelan sperma untuk kecantikan kulit wajah, mari kenali kandungan yang ada pada sperma pria terlebih dahulu. Mungkin masih banyak yang tidak tahu jika sperma laki-laki mengandung sejumlah nutrisi. Sperma merupakan cairan kental yang keluar dari penis.

Di dalam 100 mililiter (ml) sperma diketahui mengandung protein dari 200 jenis berbeda dan 45 ml urea. Selain itu, sperma juga mengandung zinc yang bisa membantu memenuhi 3% kebutuhan harian di dalam tubuh Anda. 

Adapun kandungan yang ada di dalam sperma laki-laki lainnya adalah sebagai berikut:

·         gula, baik fruktosa dan glukosa

·         magnesium

·         kalium 

·         natrium

·         sitrat

·         klorida

·         kalsium

·         asam laktat

·         sulfur

·         asam amino

Beragam kandungan tersebut telah diklaim bisa memberikan manfaat sperma untuk kecantikan wajah, termasuk dalam menyehatkan kulit wajah.

Manfaat Menelan Sperma untuk Kecantikan



Banyak kandungan sperma pria yang bisa membuat sejumlah orang percaya jika manfaat sperma untuk kulit wajah. Adapun beberapa manfaat menelan sperma untuk kecantikan wajah adalah sebagai berikut:

1. Mengobati Jerawat

Kandungan spermine yang ada pada sperma telah diyakini dapat mengobati jerawat. Manfaat menelan sperma untuk kecantikan ini telah diyakini dan berasal dari zat spermine.  Spermine merupakan turunan dari zat spermidine yang ada di dalam air mani yang bertindak sebagai agen antioksidan dan juga antiradang.

Selain dari sperma pria, spermine juga bisa ditemukan di dalam sel tubuh manusia. Spermine ini diyakini bisa mengobati jerawat dan mampu melawan noda bekas jerawat.

2. Mampu Mencegah Tanda-tanda Penuaan Dini

Klaim manfaat menelan sperma untuk kecantikan wajah adalah mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya kerutan atau garis-garis halus di wajah. Klaim manfaat menelan sperma untuk wajah wanita ini bisa terjadi karena sperma mengandung spermine. 

Spermine telah dipercaya sebagai antioksidan yang bisa menyamarkan tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan munculnya garis-garis halus, sehingga bisa membuat kulit wajah tampak lebih muda. 

Sebuah hasil studi yang telah dimuat dalam jurnal Nature Cell Biology menyebutkan spermine bisa memperlambat proses penuaan saat ditelan dan disuntikkan secara langsung ke dalam sel kulit manusia. 

3. Mengandung Protein yang Baik untuk Wajah

Klaim manfaat menelan sperma bagi kecantikan wajah yang selanjutnya adalah mengandung protein yang sangat baik untuk kulit. Protein yang baik untuk kulit wajah biasanya hadir di dalam produk skincare. Namun di dalam sperma laki-laki juga ada.

Memang benar bahwa sperma mengandung lebih dari 200 jenis protein. Walaupun demikian, jumlahnya hanya sekitar 5,04 miligram tiap 100 mililiter.

Jumlah protein tersebut masih jauh dari kebutuhan protein pada orang dewasa yan memiliki berat badan 50 kilogram, yaitu sekitar 46-56 gram di setiap harinya. Jika dilihat, jumlahnya yang sangat sedikit untuk memberikan manfaat sperma bagi wajah secara signifikan. 

Namun, sampai saat ini, manfaat protein untuk kulit wajah hanya terbukti muncul jika Anda mengonsumsi sumber protein dari makanan. 

4. Mampu Meningkatkan Produksi Kolagen

Meningkatkan jumlah produksi kolagen juga telah menjadi salah satu klaim manfaat menelan sperma untuk wajah wanita. Hal ini telah diyakini karena adanya kandungan zinc di dalam sperma pria. 

Ada klaim yang telah menyebutkan bahwa air mani pria memiliki kandungan 3% kebutuhan zinc harian pada orang dewasa sehingga dapat melawan tanda-tanda penuaan di kulit wajah.

Zinc diketahui mempunyai beragam manfaat untuk perawatan kulit wajah. Efek antiradangnya bisa mengobati jerawat, dan mampu memperbaiki sel-sel kulit wajah sekaligus mampu meningkatkan produksi kolagen. Namun, perlu Anda ingat bahwa kandungan zinc tersebut jauh lebih efektif jika dikonsumsi melalui makanan yang mengandung zinc.

5. Mengandung Urea untuk Melembapkan Kulit Wajah

Klaim manfaat menelan sperma untuk kulit wajah yaitu berkat adanya kandungan urea di dalamnya. Fungsi urea ini memang untuk melembapkan kulit wajah, mampu mengelupas kulit dengan lembut, dan bisa membantu penyerapan produk perawatan kulit lain yang akan dipakai. Di dalam produk perawatan kulit, kandungan urea yang dipakai biasanya bersifat sintetis, bukan asli.

Risiko Menelan Sperma untuk Kulit Wajah

Pada intinya, manfaat menelan sperma untuk kecantikan wajah belum terbukti efektif. Selain itu, menelan sperma berisiko menimbulkan efek samping yang sangat merugikan, misalnya terjadi reaksi iritasi dan alergi.

Kondisi tersebut bisa menyebabkan kulit wajah menjagi kemerahan, terasa nyeri dan perih, gatal, sampai muncul bentol dan bengkak-bengkak.

Tidak hanya itu, menelan sperma untuk kecantikan kulit dan wajah berisiko tinggi bisa menyebabkan penyakit menular seksual, seperti hepatitits B, sifilis, HIV, dan gonore. Sperma yang sudah terinfeksi HPV juga dapat berisiko menyebabkan kutil pada wajah.

Untuk bisa mencegah terjadinya penyakit tersebut, Anda dianjurkan agar tidak menelan sperma untuk kecantikan wajah. Daripada Anda mencoba menelan sperma untuk kecantikan wajah yang tidak aman dan masih belum terbukti efektif. Sebaiknya Anda merawat kulit wajah dengan memakai produk skincare yang lebih cocok dan aman dengan jenis kulit Anda.